Google Scholar

Model Adopsi Internet Pada Kaum Ibu: Pengembangan Dan Pengujian Instrumen Penelitian
18 Juni 2009

Budi Hermana1, Farida2, dan Riza Adrianti3 
Universitas Gunadarma
Jl. Margonda Raya 100 Depok, Telp (021) 78881122, Fax: (021) 78881133
e-mail : 1bhermana@staff.gunadarma.ac.id, 2farida@staff.gunadarma.ac.id, 3adrianti@staff.gunadarma.ac.id 

ABSTRAK
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi, prilaku dan tingkat adopsi kaum ibu terhadap teknologi internet serta pengaruhnya terhadap persepsi penggunaan Internet oleh anak-anaknya. Rancangan penelitiannya adalah cross-sectional dengan tingkat adopsi penggunaan internet diukur dengan variabel kategorikal, yaitu internet adopter, potential adopter dan non-adopter. Instrumen penelitian menggunakan 6 variabel prediktor yaitu ekspektasi kinerja, ekspektasi manfaat, pengaruh sosial, kondisi pendukung, internet self-efficacy, dan kecemasan terhadap internet. Hasil pengujian reliabilitas menunjukkan bahwa variabel penelitian mempunyai nilai cronbach’s alpha berkisar antara 0,8515 sampai 0,9711. Hasil pengujian validitas konstruk menunjukkan bahwa semua variabel mempunyai validitas konstruk yang tinggi. Tingkat adopsi internet (adopter, potential adopter, dan non adopter) menunjukkan pola hubungan dengan variabel-variabel persepsi dalam model prilaku penggunaan teknologi informasi. Kelompok adopter menunjukkan ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, internet self-efficacy, dan pengaruh sosial yang lebih tinggi dibandingkan kelompok potential adopter dan non-adopter. Kelompok non-adopter menunjukkan internet anxiety yang relatif lebih tinggi dibandingkan potential adopter dan adopter. Ibu yang tidak mengetahui penggunaan internet oleh anaknya cenderung memperlihatkan tingkat kekhawatiran yang lebih tinggi. Kelompok ibu yang menyetujui penggunaan internet oleh anaknya diimbangi dengan tingkat komunikasi ibu-anak yang lebih tinggi dibandingkan kelompok ibu yang tidak menyetujui anaknya menggunakan internet.

Keywords: Unified Theory of Acceptance and Use of Technology, internet self-efficacy, internet anxiety 

 

Download >> Model Adopsi Internet Pada Kaum Ibu: Pengembangan Dan Pengujian Instrumen Penelitian.pdf