Google Scholar

Perangkat Lunak Sms Gateway Untuk Customer Relationship Management
18 Juni 2009

Ema Utami
STMIK AMIKOM Yogyakarta
e-mail : ema@nrar.net

ABSTRAK
CRM (Customer Relationship Management) adalah suatu usaha yang mendukung suatu perusahaan untuk berusaha agar hubungan dengan konsumen tetap terjaga. Tujuan utama dari CRM adalah menjaga hubungan baik antara produsen dengan konsumen secara efektif dan efisien dengan melalui berbagai macam teknik, metode dan teknologi. CRM akan mengolah dan menganalisis data kemudian dipergunakan untuk berinteraksi dengan konsumen, dengan demikian diharapkan dapat mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan konsumen.
CRM sendiri telah dilakukan oleh produsen sejak lama, dengan berbagai metode. CRM semakin dibutuhkan dengan adanya perkembangan Internet dengan e-commerce dan tentu saja e-customer nya. Kini CRM dikelola dengan menggunakan perangkat lunak baik yang bersifat gratis seperti sugarCRM di http://www.sugarforge.org atau yang disediakan di http://www.enterprisegroupwaresystem.org, dan lain-lain sedangkan perangkat lunak CRM yang bersifat berlisensi berbayar dapat diperloleh di Siebel.com, PeopleSoft.com dan lain-lain.


Kata kunci: Customer Relationship Management, perangkat lunak

 

Download >> Perangkat Lunak Sms Gateway Untuk Customer Relationship Management.pdf