Google Scholar

Program Keamanan Dengan Kendali Akses Removable Disk Di Lingkungan Windows
14 Juni 2009

Hermanto, Sudarmawan
STMIK AMIKOM Yogyakarta
e-mail : sudarmawan@amikom.ac.id

 
ABSTRAK
Salah satu fungsi USB adalah untuk penyimpanan data (memory flash atau dapat disebut dengan memory stick) dalam OS Windows sering disebut dengan removable disk. Permasalahan sekarang pada USB-Port dengan sistem operasi Windows yaitu Windows tidak mengendalikan akses removable disk sehingga bagi pihak lain bisa meng-¬copy data tanpa disetujui oleh pihak berwenang, kecuali pada Windows Vista mempunyai paket aplikasi yang disebut dengan USB Blocking. Untuk mencegah hal di atas, maka membutuhkan sebuah aplikasi untuk mengendalikan removable disk. 
Penelitian ini akan mencoba mengembangkan program aplikasi yang disebut Removable Blocking untuk kendali akses dilingkungan windows dengan memanfaatkan windows API-32 bit dan Visual Basic.6.0
Program utility yang dikembangkan dapat mengendalikan akses removeable disk yang ditentukan oleh administrator. Kelemahan dari program utility yang dikembangkan oleh penulis meskipun bisa digunakan untuk kendali akses removable disk tetapi tidak mampu untuk kendali akses tipe disk yang lain seperti USB-HDD.


Kata Kunci : Removeble disk, USB-Port, Windows API-32 bit