Google Scholar

Peran Teknologi Media Iklan Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pemahaman Arti Dan Manfaat Humor
09 April 2009

Unggul Haryanto Nur Utomo
Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan
e-mail : unggul85@yahoo.com

ABSTRAK
Humor adalah ekspresi ide-ide atau perasaan secara terbuka dari individu tanpa merasa tidak enak atau tidak berdaya, dan tanpa berakibat tidak menyenangkan bagi orang lain (Vaillant dalam Powell, 1983). Dengan kata lain, bentuk-bentuk kelucuan yang bermuatan dan berdampak ketidakberdayaan maupun perbuatan tidak menyenangkan, bukan humor. Humor merupakan mekanisme adaptif tingkat tinggi dan lambang maturitas, karena humor sering digunakan sebagai salah satu strategi menghadapi masalah. Diperlukan kepekaan terhadap humor (sense of humor) untuk dapat mengamati, merasakan atau mengungkapkan humor karena apabila tidak cukup peka maka kejadian seperti apa pun tidak akan menimbulkan kesan lucu (Sarwono, 1996).
Penelitian tentang kemajemukan dan resolusi konflik di Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) (Limpad, 1999) memperoleh temuan menarik tentang kemajemukan masyarakat NTT dan konflik-konflik yang terjadi di Kupang. Kelekatan antara etnis dengan agama merupakan suatu fenomena yang unik di NTT, sehingga kemajemukan ini selain menjadi kekayaan khasanah budaya sekaligus menjadi sangat potensial rawan konflik. Penelitian tentang sense of humor (Utomo, 2006) menunjukkan hasil bahwa subjek penelitian (217 laki-laki dan 247 perempuan, usia 18 sampai 24 tahun) apresiatif terhadap materi humor yang bermuatan kekerasan.
Kedua hasil penelitian tersebut di atas menstimulasi sebuah pemikiran bahwa pemahaman terhadap humor dan pemanfaatan humor sebagai salah satu strategi menghadapi masalah sangat penting dan masih harus dikembangkan secara optimal.


Kata kunci : humor

 

Download >> PERAN TEKNOLOGI MEDIA IKLAN DALAM INTERNALISASI.pdf