Google Scholar

Jurnal Manajerial September 2008
22 April 2010

MENGAJAK MAHASISWA BELAJAR BERBISNIS 
DAN MENGAMBIL PELAJARAN DARI
THE STARBUCKS EXPERIENCE

Khalis Purwanto
STMIK AMIKOM Yogyakarta


Abstraksi

Belajar pada tokoh dan pelaku sukses akan mengurangi resiko gagal. Memilih mana yang tepat untuk ditiru ternyata memerlukan kearifan. Menambah dan memodifikasi menjadi model baru benar-benar memerlukan proses panjang. Mahasiswa tidak pernah bisa dilepaskan dengan sifat kritis. Sulit percaya dan yakin jika tidak ada bukti empirik. Pendekatan yang senantiasa linier tidak mudah dipatahkan. Bukti sukses yang benar-benar nyata belumlah cukup jadi kajian jika proses suksesnya melawan logika. Pembelajaran bisnis yang dirintis di kalangan kampus, tak ketinggalan juga di Amikom harus terus-menerus mencari format yang sesuai dengan logika kekinian mahasiswa.

Kata Kunci: Mahasiswa, Bisnis, Starbucks Experience

 

Download >> MENGAJAK MAHASISWA BELAJAR BERBISNIS DAN MENGAMBIL PELAJARAN DARI THE STARBUCKS EXPERIENCE 

 


TEKNOLOGI INFORMASI MENGUBAH
STRATEGI BERSAING

M.Suyanto
STMIK AMIKOM Yogyakarta


Abstraksi

Teknologi Informasi mengandung dua hal penting, yaitu teknologi komputer dan teknologi komunikasi. Tekanan-tekanan bisnis yang kuat membutuhkan perubahan radikal yang dapat disebut sebagai rekayasa-ulang proses bisnis, melakukan aliansi strtategis dan memasuki dunia E-Commerce. Teknologi informasi dapat mengubah strategi bersaing dengan membantu menciptakan aturan baru untuk meraih kemenangan di era persaingan pada dasa warsa terakhir ini yang penuh dengan kesulitan.

Kata Kunci: Teknologi Informasi, Bisnis, Strategi Bersaing

 

Download >> TEKNOLOGI INFORMASI MENGUBAH STRATEGI BERSAING 


 

DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROFESI AKUNTAN DAN IMPLIKASINYA
DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Muhammad Taufiq
STMIK AMIKOM Yogyakarta
f1q_eng@amikom.ac.id


Abstract

Accounting is an information system, more precisely; it is an application to the general theory of information to the problem of efficient economic operations. It also makes up a large part of the general information expressed in quantitative terms. In this context accounting is both a part of the general information system of an operating entity and a part of the basic field bounded by the concept of information

If you work with a manual system and you want to see an account on given day, you have a paper file and you simply go to that particular section and pull out the file. When you’re on the computer system, in a sense all your accounts are kid of floating around in space. You can’t get your hands on them

Key Word: Informasi, Akuntansi, Manajemen, Teknologi

 

Download >> DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROFESI AKUNTAN DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN 



PENGARUH TRUST IN A BRAND TERHADAP BRAND LOYALTY MASKAPAI PENERBANGAN GARUDA INDONESIA DI KOTA YOGYAKARTA

Petra Surya Mega Wijaya
Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta


Abstraksi

Persaingan di dunia penerbangan Indonesia sangatlah ketat, setiap maskapai berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi konsumennya supaya mereka dapat menggunakan kembali/loyal pada maskapai yang sama jika akan bepergian menggunakan jasa pesawat terbang. Berkaitan dengan kondisi tersebut, perusahaan harus menciptakan suatu kepercayaan kepada konsumennya.
Terdapat suatu teori yang berkaitan dengan kepercayaan tersebut yaitu trust in a brand, yang meliputi 3 hal yaitu brand characteristic, company characteristic, dan consumer-brand characteristic. Untuk itu maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh variabel trust in a brand terhadap brand loyalty.
Penelitian ini menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia, dan sampel yang diambil adalah 100 orang yang pernah menggunakan jasa penerbangan Garuda Indonesia dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian di atas adalah Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand characteristic dan consumer-brand characteristic berpengaruh secara signifikan terhadap brand loyalty. Temuan yang menarik adalah tidak ada pengaruh yang signifikan antara company characteristic terhadap brand loyalty.

Kata Kunci: trust in a brand, brand loyalty, regresi linier berganda, maskapai penerbangan Garuda

 

Download >> PENGARUH TRUST IN A BRAND TERHADAP BRAND LOYALTY MASKAPAI PENERBANGAN GARUDA INDONESIA DI KOTA YOGYAKARTA 


 

PENGEMBANGAN WAKAF
SEBAGAI SUMBER MODAL USAHA

Winoto Soekarno
STMIK AMIKOM Yogyakarta


Abstraksi

Pengembangan ekonomi umat membutuhkan bukan semata perhatian, melainkan kebijakan dari berbagai kalangan. Kebijakan pemerintah sangat jelas diperlukan guna mendorong laju perekonomian nasional dari sektor usaha kecil menengah dan mikro (UMKM). Diakui bahwa kontribusi sektor UMKM terhadap pendapatan nasional selama ini cukup signifikan. Namun demikian, kebijakan ekonomi nasional hingga saat ini belum secara riil menempatkan sektor UMKM sebagai sektor strategis. Padahal ketika perekonomian bangsa didera oleh krisis moneter yang mengguncang sektor ekonomi mega industri pada umumnya, sektor UMKM terbukti lebih stabil

Kata Kunci: Wakaf, Modal, Usaha

 

Download >> PENGEMBANGAN WAKAF SEBAGAI SUMBER MODAL USAHA