Google Scholar

Jurnal DASI Maret 2009
22 April 2010

API LOCATION (JSR 179):
STANDAR PENENTUAN POSISI UNTUK TELEPON SELULER BERKEMAMPUAN JAVA

Andi Sunyoto
Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

Asbtraksi
JSR 179 API Location dapat menghasilkan informasi posisi seperti halnya perangkat penentu posisi lainnya, yaitu Global Positioning System (GPS). Informasi posisi yang dihasilkan dapat diolah untuk mekanisme layanan menemukan stasiun pengisian bahan bakar terdekat, restoran terdekat, memantau anak, dan masih banyak lagi. Aplikasi sosial networking beberapa sudah memanfaatkan penentuan posisi.
API location (JSR 179) dalam J2ME masuk ke optional package javax.microeditin.location yang memiliki kemampuan untuk menenghasilkan informasi posisi sebuah peralatan. API Location menghasilkan informasi informasi lokasi secara fisik yang dapat digunakan untuk landmark yang dapat disimpan.

Keywords: J2ME, API, Location, GPS

Download >> API LOCATION (JSR 179):STANDAR PENENTUAN POSISI UNTUK TELEPON SELULER BERKEMAMPUAN JAVA




AUTOMATICS SOFTWARE ANALISYS

Arief Setyanto
Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstract
Software enginnering is one of engineering area. As engineering area software engineering has special differences with other. Software engineering result is an abstract product. It’s very difficult to measure the volume because there was no raw material used. The only measurement is the usage for users. Sometime a short software is very usefull for user so the value is very high on the other hand a software with 1000 times longer in code is not usefull enough for the same users so it doesn’t have any value. As engineering process it has to be measured. This paper try to study how to measure the metrics of software and then propose automation tools for software analist.


Keywords: Software engineering, software metrics, software analisys, automation software analisys.


Download >> AUTOMATICS SOFTWARE ANALISYS





MEMBANGUN APLIKASI CHATING BERBASIS MULTIUSER

Roni Setiawan1 dan Edhy Sutanta2
1, 2 Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri,
IST AKPRIND Yogyakarta
Email: edhy_sst@yahoo.com


Abstract
The rapid development of information technology especially of computer technology has many benefits in many areas of human life. Variety and computer software capabilities developed rapidly and increase the value of the benefits of computer technology.
Currently has available several applications software for communication between users in a network. To support the success of the utilization of a local computer network needed an application that can be used for communication between users in the form of text in which the network can be shared.
This research has developed a chat application that is different from what is available so far, for communications services between users who are in a local network. Applications built using Visual Basic 6.0 programming language. Chat feature can use by everyone and private, also facilities to send files that can be operated in a multi-user.


Keywords: aplikasi chating, multiuser, Visual Basic 6.0


Download >> MEMBANGUN APLIKASI CHATING BERBASIS MULTIUSER




 

PENDEKATAN METODE LEAST BIT MODIFICATION UNTUK MERANCANG APLIKASI STEGANOGRAPHY PADA FILE AUDIO DIGITAL TIDAK TERKOMPRESI

Ema Utami
STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstraksi
Pengamanan terhadap informasi yang didistribusikan sangat penting untuk menjaga kerahasiaan, keutuhan, dan keaslian informasi. Proses pengamanan dapat dilakukan dengan menyembunyikan informasi tersebut pada media digital lain agar tidak terlihat keberadaannya. Teknik ini disebut Steganography, yaitu seni penyembunyian data ke dalam media digital dengan metode tertentu sehingga orang lain tidak menyadari ada sesuatu di dalam media digital tersebut.
Dalam tulisan ini akan dilakukan penelitian untuk menyembunyikan sebuah informasi ke dalam file audio digital tidak terkompresi (.wav) sebagai file carrier dengan menggunakan metode Least Significant Bit Modification. Least Significant Bit Modification merupakan metode penyembunyian informasi dengan memodifikasi bit terakhir dari file carrier dengan bit-bit informasi dan hanya menyebabkan perubahan nilai bit satu lebih tinggi atau satu lebih rendah. Sistem dirancang dengan dua buah proses utama yaitu tahap Embedding dan tahap Extracting. Sistem diimplemetasikan pada perangkat lunak Microsoft Visual Studio .NET dengan bahasa pemrograman berorientasi objek C#.
Aplikasi Steganografi ini bisa dijadikan salah satu alternatif pengamanan informasi rahasia tanpa perlu membuat pihak lain merasa curiga, karena proses steganografi dengan metode Least Significant Bit Modification tidak merubah ukuran file carrier dan tidak mengakibatkan penurunan kualitas suara yang signifikan sehingga kemungkinan terdeteksi juga sangat kecil. File pembawa yang sudah disisipkan informasi (stego file) tidak dapat dideteksi tanpa melakukan perbandingan bit-bit LSB terhadap file pembawa yang asli.


Kata Kunci : Steganografi, Least Significant Bit Modification, Wideband Angular Vibration Experiment (WAVE) Format.


Download >> PENDEKATAN METODE LEAST BIT MODIFICATION UNTUK MERANCANG APLIKASI STEGANOGRAPHY PADA FILE AUDIO DIGITAL TIDAK TERKOMPRESI

 


 
PENERAPAN DATA MINING ALGORITMA ASOSIASI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Emha Taufiq Luthfi
STMIK AMIKOM Yogyakarta
E-mail : emha_tl@yahoo.com


Abstraksi
Strategi penjualan yang tepat merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis untuk dapat meningkatkan nilai penjualan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat penjualan suatu barang. Dalam tulisan ini dibahas penggunaan data mining algoritma asosiasi untuk menyusun sebuah sistem yang memiliki kemampuan melihat pola penjualan barang yang selanjutnya dapat digunakan untuk menyusun strategi penjualan baru.


Kata Kunci : strategi penjualan, data mining, asosiasi


Download >> PENERAPAN DATA MINING ALGORITMA ASOSIASI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

 


 
PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
UNTUK PENILAIAN UJIAN TUGAS SKRIPSI
(Studi kasus pada STMIK AMIKOM Yogyakarta)

Hanif Al Fatta
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
E-mail: hanivonitch@yahoo.com

Abstraksi
Penilaian ujian skripsi selama ini dilakukan secara subjektif oleh dosen penguji. Walaupun dosen telah melakukan proses secara objektif beberapa masalah masih muncul menyangkut protes yang dilakukan mahasiswa yang diuji.
Sistem yang dikembangkan adalah sebuah DSS yang bisa merekap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dosen-dosen penguji pada saat ujian, kemudian memberikan penilaian pada jawaban yang diberikan mahasiswa kemudian merekap hasil akhir untuk menentukan kelulusan.
Kelemahan dari sistem yang dibangun, nilai yang diberikan masih berupa nilai kualitatif adapun konversi ke nilai kuantitatif seperti yang dipakai pada sistem penilaian manual masih dilakukan secara manual.

Kata Kunci: DSS, skripsi, kualitatif, kuantitatif


Download >> PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENILAIAN UJIAN TUGAS SKRIPSI





STUDI KASUS TERHADAP PENYELESAIAN SISTEM PERSAMANAAN LINEAR
DENGAN ELIMINASI GAUSS

Krisnawati
STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstraksi
Salah satu metode yang digunakan untuk menyelesaikan sistem persamaan linear adalah metode eliminasi gauss. Metode ini bekerja dengan melakukan operasi baris elementer terhadap matrik yang diperoleh dari system persamaan linear yang diketahui. Pada saat implementasi dalam program ada kasus khusus yang arus ditangani, yaitu pada saat baris yang dijadikan acuan operasi baris elementer ternyata bernilai 0. Penanganannya sederhana, proses membuat 0 digantikan dengan proses penukaran baris yang ternyata 0 tersebut.


Keyword : system persamaan linear, eliminasi gauss


Download >> STUDI KASUS TERHADAP PENYELESAIAN SISTEM PERSAMANAAN LINEAR DENGAN ELIMINASI GAUSS

 




 PERBANDINGAN METODE NEAREST NEIGHBOR DAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MENGANALISIS KEMUNGKINAN PENGUNDURAN DIRI CALON MAHASISWA DI STMIK AMIKOM YOGYAKARTA


Kusrini1, Sri Hartati2, Retantyo Wardoyo3, Agus Harjoko4
STMIK AMIKOM Yogyakarta1
Dosen S3 Program Studi Ilmu Komputer UGM2,3,4
kusrini@amikom.ac.id1, shartati@ugm.ac.id2, rw@ugm.ac.id3, ajarjoko@ugm.ac.id4

Abstrak
Untuk memudahkan dalam melakukan pengambilan keputusan dalam proses penjaringan calon mahasiswa baru di STMIK AMIKOM Yogyakarta diperlukan alat analisis bagi manajemen untuk mengetahui kemungkinan pengunduran diri calon mahasiswa baru. Analisis ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan teori penalaran berbasis kasus, yaitu membandingkan kasus calon mahasiswa bariu dengan kasus-kasus yang pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya.
Peneliti telah melakukan penelitian dengan membangun aplikasi untuk analisis pengunduran diri calon mahasiswa baru di STMIK AMIKOM Yogyakarta dengan menggunakan algoritma C4.5. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, peneliti ingin membandingkan kinerja aplikasi dalam menganalisis kemungkinan calon mahasiswa mengundurkan diri dengan menggunakan metode nearest neighbor dan algoritma C4.5.
Hasil pengujian kami menunjukkan bahwa klasifikasi dengan menggunakan metode nearest neighbor tidak lebih akurat dari algoritma C4.5 tetapi proses klasifikasi membutuhkan waktu yang lebih banyak dan memerlukan proses yang lebih panjang.


Kata kunci: klasifikasi, algoritma C4.5, nearest neighbor

Download >> PERBANDINGAN METODE NEAREST NEIGHBOR DAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MENGANALISIS KEMUNGKINAN PENGUNDURAN DIRI CALON MAHASISWA DI STMIK AMIKOM YOGYAKARTA



 

ATTACK TOOLS

M. Rudyanto Arief
STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstract
Due to developments in networking technology, users can access network resources located anywhere in the world. However, this has made information prone to increased security threats.


Keywords: Nmap, Passive Attacks, SYN, FIN, ACK, Peretas (Hacker), Active Attacks

 

Download >> ATTACK TOOLS