Google Scholar

Jurnal Dasi Edisi Maret 2008
21 September 2009

ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME 3 DIMENSI FIRST PERSON SHOOTERS (FPS) ZULMAT MENGGUNAKAN 3D GAMESTUDIO 6.2

Amir Fatah Sofyan1 dan Hendra Budiarto2 1Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta 2 Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstraksi

Game First Person Shooter (fps) adalah salah satu jenis game (genre) yang digemari yang menggunakan pandangan orang pertama di mana pemain seolah-olah menjadi karakter utama dalam game dan didalamnya ada unsur tembak-menembak atau pertempuran. Program 3D Game Studio (3DGS) merupakan salah satu program untuk membuat aplikasi interaktif, khususnya game 2D dan game 3D. Tulisan berikut mencoba merancang dan mengimplementasikan sebuah game fps menggunakan 3DGS sebagai software utamanya.

Kata kunci: Game, 3D, first person shooters

Download >> ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME 3 DIMENSI FIRST PERSON SHOOTERS (FPS) ZULMAT MENGGUNAKAN 3D GAMESTUDIO 6.2


 

SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERUMAHAN DENGAN METODE AHP MENGGUNAKAN EXPERT CHOICE

Armadyah Amborowati Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstraksi

Penentuan perumahan mana yang harus dipilih oleh konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya harga, lokasi, fasilitas umum, perijinan, desain rumah, dan kedibilitas dari developer. Makalah ini bertujuan untuk mencari kriteria-kriteria yang digunakan didalam pemilihan perumahan oleh konsumen. Kriteria-kriteria tersebut dianalisis menggunakan metode AHP menggunakan software Expert Choice. Hasil analisis yang didapat kriteria tertinggi adalah perijinan legal tidaknya kepemilikan atas tanah dan bangunnya.

Kata Kunci: SPK, Perumahan, AHP, Expert Choice

Download >> SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERUMAHAN DENGAN METODE AHP MENGGUNAKAN EXPERT CHOICE


 

WEB SERVICES SEBAGAI PENYEDIA LAYANAN ADMINISTRASI PADA PENJUALAN TIKET BUS

Berlilana Dosen STMIK AMIKOM Purwokerto

Abstraksi

Saat ini perusahaan bus yang menyediakan jasa akomodasi angkutan dalam menangani reservasi dan penjualan tiket masih banyak yang menggunakan sistem tradisional dalam pelayanannya dimana agen yang ditunjuk akan mencatat pemesanan tiket dengan quota yang telah disesuaikan oleh kantor pusat, jika ada penambahan quota untuk jurusan tertentu pada agen tertentu, maka agen itu harus melakukan pengecekan ke agen lain atau kantor pusat untuk konfirmasi. Proyek bertujuan untuk membangun sebuah Web Services yang mampu mengelola administrasi dari penjualan tiket bus, dimana penyedia layanan administrasi utamanya diletakkan di kantor pusat dan para agen dari perusahaan bus cukup menyediakan sebuah device dan sebuah aplikasi klien yang dapat mengolah transaksi yang dikirimkan oleh Web Services tersebut. Dimana pada akhirnya akan dihasilkan sebuah Aplication Programming Interface (API) dalam bentuk Web Services yang menyediakan layanan untuk mengelola administrasi dari penjualan tiket bus. Web Services ini dibangun dengan menggunakan .NET untuk

Kata Kunci: Web Service, Layanan Administrasi

Download >> WEB SERVICES SEBAGAI PENYEDIA LAYANAN ADMINISTRASI PADA PENJUALAN TIKET BUS


 

MEMBANGUN APLIKASI WEB DENGAN FRAMEWORK STRUTS

Emha Taufiq Luthfi Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstraksi

Aplikasi web sebagai suatu aplikasi dengan arsitektur client-server model thin client semakin populer dengan berkembangnya tehnologi internet. Framework Struts menyediakan sebuah kerangka kerja untuk mengembangkan aplikasi web dengan konsep design pattern Model-View-Controller (MVC). Tulisan ini membahas cara pengembangan aplikasi web menggunakan framework Struts.

Kata Kunci : aplikasi web, framework, Struts

Download >> MEMBANGUN APLIKASI WEB DENGAN FRAMEWORK STRUTS


 

MULTIMEDIA DATABASE

Hanif Al Fatta Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstraksi

Perkembangan aplikasi multimedia akhir-akhir inin telah mengantarkan manusia pada kebutuhan baru. Bagaimana mengorganisasikan beberapa format data yang berbeda dalam satu database tunggal. Muncullah konsep Multimedia Data Base (MMDB), yang punya semua sifat-sifat databse relasional tetapi punya kelebihan menangani beberapa format data.

Tulisan ini membahas konsep dari Multimedia Data Base, kemampuan dari MMDB, kelebihan maupun kekurangannya. Walaupun masih dalam batas riset, multimedia database menawarkan potensi riset yang besar di masa depan karena kecenderungan pengguna yang semakin menginginkan database yang bisa menangani file-file multimedia.

Kata Kunci: Multimedia, Database, MMDB, relasional

Download >> MULTIMEDIA DATABASE


 

SISTEM INFORMASI SEKOLAH BERBASIS SMS GATEWAY

Istri Sulistyowati Dosen STMIK AMIKOM Purwokerto

Abstraksi

Mengingat akan pesatnya kemajuan teknologi yang sudah merambah ke semua bidang, serta pola kehidupan masyarakat indonesia yang sudah relatif maju, dapat dipastikan bahwa hampir semua orang saat ini sudah memanfaatkan teknologi seluler baik GSM maupun CDMA, serta media intenet, yang sebenarnya hal ini dapat diarahkan untuk menjadi nilai tambah dalam rangka kemajuan dunia pendidikan. Demikian pula dengan layanan SMS sebagai salah satu layanan seluler yang paling populer serta paling diminati saat ini, karena penggunaannya yang relative mudah serta biayanya yang sangat murah.

Kata Kunci: sms, sms gateway

Download >> SISTEM INFORMASI SEKOLAH BERBASIS SMS GATEWAY


 

KOMPRESI CITRA RGB DENGAN METODE KUANTISASI

Krisnawati Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstraksi

Pada masa sekarang ini penggunaan citra RGB sudah merupakan suatu kebutuhan dalam berbagai bidang. Akan tetapi penggunaannya terkendala dengan kapasitas file yang besar, tetapi sangat dimungkinkan untuk melakukan kompresi terhadap citra yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan. Citra RGB merupakan suatu matrik 3 dimensi, yakni dimensi panjang, dimensi lebar dan dimensi RGB. Jika diurai lebih lanjut, akan didapat tiga matrik dua dimensi, sebut saja matrik R, matrik G, matrik B. Masing-masing matrik akan berisi tingkat R(Red), G(Green) atau B(Blue) dari masing-masing piksel penyusul citra. Dengan metode kuantisasi, matrik R, matrik G maupun matrik B akan dikurangi tingkatannya, sehingga jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan citra menjadi berkurang. Oleh karena jumlah bit berkurang maka ukuran file menjadi lebih kecil. Metode kuantisasi termasuk dalam kategori Lossy Compression, sehingga citra yang sudah dikompresi tidak dapat didekompresi kembaliseperti semula karena ada informasi yang hilang.

Kata Kunci: kompresi, citra RGB, kuantisasi

Download >> KOMPRESI CITRA RGB DENGAN METODE KUANTISASI


 

APLIKASI DATA WAREHOUSE UNTUK BUSINESS INTELLIGENCE

Kusnawi Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstraksi

Dalam dunia bisnis, pemanfaatan teknologi informasi sudah merupakan kebutuhan yang mendesak terutama untuk melihat peluang dan informasi dari berbagai sumber untuk pengambilan keputusan oleh pihak manajemen. Business Intelligence atau di singkat dengan BI merupakan salah satu bentuk implementasi yang mampu menjawab kebutuhan dari organisasi untuk meningkatkan kemampuannya dalam menganalisis masalah-masalah yang dihadapinya serta dalam pengambilan keputusan. Kemampuan teknologi BI, yaitu untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis dan menyediakan akses ke data guna membantu pengguna mengambil keputusan secara akurat dengan melakukan berbagai aktivitas diantaranya, sistem pendukung keputusan, query, reporting, online analytical processing (OLAP), analisa statistik, forecasting, dan data mining. Banyak beragam aplikasi BI yang dapat digunakan yaitu reporting applications, analytic applications, data mining applications, dashboards, alerts, dan portal.

Kata Kunci : Business Intelligence, Query, Reporting, OLAP, Statistik, Forecating, Data mining, Dashboards

Download >> APLIKASI DATA WAREHOUSE UNTUK BUSINESS INTELLIGENCE


 

INFORMATION SECURITY MANAGEMENT SYSTEM (ISMS) MENGGUNAKAN STANDAR ISO/IEC 27001:2005

Melwin Syafrizal Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstraksi

Informasi adalah salah satu asset penting yang sangat berharga bagi kelangsungan hidup suatu organisasi atau bisnis, pertahanan keamanan dan keutuhan negara, kepercayaan publik atau konsumen, sehingga harus dijaga ketersediaan, ketepatan dan keutuhan informasinya. Informasi dapat disajikan dalam berbagai format seperti: teks, gambar, audio, maupun video. Tersimpan dalam komputer atau media penyimpanan external lain (seperti: harddisk, flashdisk, CD, DVD, dan lain-lain), tercetak / tertulis dalam media kertas atau media bentuk lainnya. Manajemen pengelolaan informasi menjadi penting ketika terkait dengan kredibilitas dan kelangsungan hidup orang banyak. Perusahaan penyedia jasa teknologi informasi (TI), media pemberitaan, transportasi, perbankan hingga industri lainnya yang sedikit sekali bersentuhan dengan teknologi informasi, seperti: perusahaan penyedia makanan, penginapan, pertanian, peternakan dan lain-lain. Ketika perusahaan menempatkan informasi sebagai infrastruktur kritikal (penting), maka pengelolaan keamanan informasi yang dimiliki menjadi prioritas utama demi kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan.

Kata Kunci: Information Security, ISMS, ISO

Download >> INFORMATION SECURITY MANAGEMENT SYSTEM (ISMS) MENGGUNAKAN STANDAR ISO/IEC 27001:2005


 

KAJIAN KERJA PROTOKOL PADA JARINGAN VOICE OVER INTERNET PROTOKOL (VoIP) PADA JARINGAN INTRANET UGM

Aryka Grandistyana1 , Sudarmawan2 1STMIK AMIKOM Yogyakarta 2Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstraksi

Voice Over Internet Protocol (VoIP) merupakan terobosan baru dibidang telekomunikasi yang mengusung teknologi IP (internet protocol) sebagai media penghantaran informasi. Ini berarti, informasi yang berupa suara (sinyal analog) akan dirubah menjadi sinyal digital untuk dapat dilewatkan jaringan IP. Proses perubahan suara analog ke suara digital disebut juga proses codec. Setiap codec mempunyai ciri dan sifat sendiri-sendiri dalam mengkompres suara. Pertanyaannya adalah, bagaimana sebuah sinyal informasi dari satu sumber dapat disampaikan ke tujuan melalui jaringan IP? Dan codec apa yang cocok untuk jaringan intranet VoIP ini? Untuk dapat mengetahui alur komunikasi pada VoIP, maka diimplementasikan sebuah client yang dapat melakukan panggilan ke tujuan melalui server VoIP pada jaringan intranet. Software Ethereal 0.99.0 diimplementasikan untuk fungsi monitoring dan capturing header-header protokol pada jaringan VoIP intranet. Sedangkan untuk menganalisa jenis codec yang cocok digunakan untuk jaringan intranet VoIP ini menggunakan software VQManager. Melalui hasil monitoring dan capturing header protokol inilah dapat diketahui bagaimana proses komunikasi pada VoIP, hirarki protokol-protokol VoIP serta format paket protokol-protokol yang bekerja dan pemilihan codec yang tepat pada jaringan VoIP.

Kata Kunci: internet protocol, client, server, codec

Download >> KAJIAN KERJA PROTOKOL PADA JARINGAN VOICE OVER INTERNET PROTOKOL (VoIP) PADA JARINGAN INTRANET UGM