Google Scholar

Jurnal DASI Edisi Juni 2008
21 September 2009

 

PEMBUATAN GAME NOVEL VISUAL ”MY STORY: PURPLE INK” MENGGUNAKAN REN’PY

Amir Fatah Sofyan, Aditya Sapta Aji, Gigih Primandana Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstraksi

Game novel visual adalah sebuah cerita novel yang divisualisasikan menjadi sebuah game yang mampu berinteraksi dengan yang memainkannya dan di setiap jalan cerita memunculkan interaksi pertanyaan, yang setiap pilihan pertanyaan memiliki cerita yang berbeda. Game novel visual memiliki keunikan dan merupakan sebagai bentuk peningkatan konvergensi multimedia berbasis komputer dengan hiburan dan media berbasis permainan. Tulisan berikut mencoba merancang dan mengimplementasikan sebuah game novel visual menggunakan Ren’py.

Kata kunci: Game Novel Visual, Ren’Py, Cerita Interaktif

Download >> PEMBUATAN GAME NOVEL VISUAL ”MY STORY: PURPLE INK” MENGGUNAKAN REN’PY

 


 

APLIKASI SISTEM QUICK COUNT ( SI-Q-CUP ) PILKADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH STUDI KASUS PILKADA PROPINSI DIY

Armadyah Amborowati Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstraksi

Pilkada ini sangat tergantung pada kelancaran dalam proses pengambilan suara dan proses penghitungan hasil suara. Pada prakteknya pada saat perhitungan suara muncul indikasi-indikasi kecurangan. Indikasi kecurangan ini tidak hanya terjadi di TPS ( Tempat pengambilan Suara ) setempat tapi juga bisa terjadi di level di atas, contohnya di kecamatan atau di tempat lainnya. Hal ini disebabkan karena hasil perhitungan suara dari tiap-tiap TPS harus dikumpulkan terlebih dahulu sebelum dihitung total keseluruhan. Tidak hanya indikasi kecurangan yang menjadi isu tetapi juga kecepatan dari proses perhitungan total. Banyak pihak-pihak yang terkait yang membutuhkan informasi yang cepat tentang hasil perhitungan suara dan dokumentasi dari proses PILKADA ini seperti LSM, Peneliti, dan masyarakat yang selama ini tidak ada dokumentasi yang ter-publis dari masing-masing daerah. SI-Q-CUP berfungsi untuk membantu mempercapat perhitungan suara pada pemilu/pilkada yang berbasis SMS sehingga datanya dapat dipublikasikan secara langsung dalam sebuah aplikasi web. Kata kunci: Si-Q-Cup, Sistem Quick Count, Pilkada

Download >>APLIKASI SISTEM QUICK COUNT ( SI-Q-CUP ) PILKADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH STUDI KASUS PILKADA PROPINSI DIY

 


 

PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN DAN PENGIRIMAN SMS SECARA OTOMATIS PADA MODEL PENGECEKAN PASSING GRADE SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ema Utami dan Cecep Yedi Permana Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstraksi Short Message Service (SMS) merupakan sebuah layanan yang banyak di aplikasikan pada sistem komunikasi tanpa kabel (wireless), yang memungkinkan kita untuk melakukan pengiriman pesan dalam bentuk alphanumeric antar terminal pelanggan dengan sistem eksternal seperti e-mail, paging, voice mail, dan lain-lain.Dalam sistem SMS, mekanisme utama yang dilakukan dalam sistem adalah melakukan pengiriman Short Message dari satu terminal pelanggan ke terminal yan lain. Hal ini dapat dilakukan berkat adanya sebuah entitas dalam sistem SMS yang bernama Short Message Service Center (SMSC), disebut juga Messege Center (MC). SMSC merupakan sebuah perangkat yang melakukan tugas Store and Forward traffic short message. Didalamnya termasuk penentuan atau pencarian rute tujuan akhir dari Short Message.

 

Kata Kunci: SMS. Passing Grade

 

Download >>PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN DAN PENGIRIMAN SMS SECARA OTOMATIS PADA MODEL PENGECEKAN PASSING GRADE SEKOLAH MENENGAH ATAS

 


 

MEMBANGUN DATA MINING DENGAN SQL SERVER 2005 BUSINESS INTELLIGENCE

Emha Taufiq Luthfi Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstraksi

Data mining melakukan proses penggalian terhadap data untuk mendapatkan pola tersembunyi. Terdapat berbagai teknik atau algoritma yang digunakan dalam melakukan data mining. Artikel ini membahas cara melakukan data mining dengan algoritma association menggunakan SQL Server 2005 Business Intelligence.

Kata Kunci : data mining, association, SQL Server Business Intelligence

Download >>MEMBANGUN DATA MINING DENGAN SQL SERVER 2005 BUSINESS INTELLIGENCE

 


 

SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TELINGA HIDUNG TENGGOROKAN PADA MANUSIA

Hanif Al Fatta dan Sutopo Wibowo Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstraksi

Perkembangan dunia medis terkini banyak menggunakan komputer untuk membantu diagnosis maupun pencegahan dan penanganan sutau penyakit. Penelitian ini bertujuan menyusun sebuah sistem pakar yang digunakan untuk diagnosis penyakit Telinga, Hidung dan Tenggorokan, dimana pengguna bisa mendiagnosis sendiri berdasar gejala yang dirasakannya.Representasi pengetahuan yang digunakan pada penelitian ini adalah production rule. Metode inferensi yang dipakai untuk mendapatkan konklusi menggunakan penalaran maju, dan platform yang digunakan adalah sistem berbasis web.Hasil yang dicapai sudah cukup baik, tetapi penelitian ini belum memasukkan certainty factor untuk menentukan keakuratan hasil diagnosis. Daftar gejala yang ditampilkan juga perlu divalidasi sehingga bahasa yang digunakan dapat dengan mudah dipahami oleh orang diluar bidang medis.Kata kunci: Sistem pakar, THT, penalaran maju, diagnosis

Download >>SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TELINGA HIDUNG TENGGOROKAN PADA MANUSIA

 


 

PENERAPAN RELATIONAL DATA MENGGUNAKAN XQUERY PADA PEMROGRAMAN XML

Heri Sismoro1 dan Ahmad Luthfi 2 1Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta 2Dosen Universitas Bina Darma Palembang. Abstraksi

Saat ini hampir setiap jalur bisnis data dikirim menggunakan Relational Database System dan Structure Query Language (SQL). Dengan menggunakan kedua fungsi tersebut maka banyak hal yang akan dapat dilakukan seperti pemanggilan, dan manipulasi data. eXtensible Markup Language (XML) adalah salah satu pemenang dari sekian banyak nominator bahasa yang dapat melakukan semua hal tersebut diatas. Evolusi dan perkembangan XML tidak dapat di bendung lagi karena kebutuhan para vendor yang menuntut sebuah bahasa pemrograman tidak hanya sebatas dapat memanggil, dan memanipulasi data namun juga dapat melakukan fungsi-fungsi khusus seperti pencarian (search), integrasi antar proses, dan publikasi (publishing).

Kata Kunci: XML, Xquery, Relational Data, Structure Query Language

Download >>SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TELINGA HIDUNG TENGGOROKAN PADA MANUSIA

 


 

PENCARIAN CITRA VISUAL BERBASIS ISI CITRA MENGGUNAKAN FITUR WARNA CITRA

Kusrini1, Agus Harjoko2 1Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta 2Dosen FMIPA Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Abstract

There are two ways to retrieve image from image database, they are : text based image ritrieval and content based image ritrieval. The concentration of this research is doing the second way. We have been implemented color fitur such as color histogram, color moment and color language tag in three application for image ritrieval. From three fitur of color that we use, color histogram has same power with color language tag but color moment has less power.

Keywords : Content Based Image Retrieval, Color, Image, Retrieval

Download >>PENCARIAN CITRA VISUAL BERBASIS ISI CITRA MENGGUNAKAN FITUR WARNA CITRA

 


 

AUDITING SISTEM KEAMANAN JARINGAN

M. Rudyanto Arief Dosen STMIK AMIKOM Yogyakarta

 

Abstract

The process of auditing ensures that regulations, policies, and procedures are carried out in a manner that is consistent with your organization’s standards. From an audit, you can determine whether computer usage and escalation processes are in place, if security is adequate, and if privilege-granting processes are appropriate.

Keywords: Regulations, policies, audit, privilege audit, usage audit, escalation audit.

Download >>AUDITING SISTEM KEAMANAN JARINGAN