Google Scholar

PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENINGKATAN PELAYANAN DI SEKTOR PUBLIK
23 Juni 2009

Dr. Dedi Rianto Rahadi
Staf`Dosen Universitas Bina Darma

ABSTRAK
Analisis proses adopsi teknologi informasi banyak menggunakan Technology Acceptance Model (TAM), yang terdiri dari 3 variabel utama, yaitu manfaat dirasakan (usefulness), kemudahan penggunaan (ease of use), dan penerimaan TI (acceptance IT). Teknik analisa yang digunakan adalah structural equation modelling dengan responden pegawai pemerintah yang bekerja disektor publik. Hasil penelitian menunjukkan kemudahan penggunaan dan manfaat dirasakan tidak berpengaruh terhadap penerimaan TI, Sebaliknya kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap manfaat dirasakan. Pemerintah kota Palembang merasakan manfaat penggunaan TI dalam memberikan pelayanan kepada sektor publik. Sebaliknya walaupun teknologi informasi banyak memberikan kemudahan dan memberikan manfaat yang besar namun penerimaan teknologi masih terbatas. Diharapkan dengan kemudahan penggunaan yang diberikan TI, dapat berdampak pada penerimaan TI, karena pada umumnya TI sudah terbukti dapat memberikan kemudahan dalam membantu kegiatan di sektor publik dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.. 

Kata Kunci: Technology Acceptance Model, Information Technology, Public services Structural Equation Model 

 

Download >> PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENINGKATAN PELAYANAN DI SEKTOR PUBLIK.pdf